Utilities


Beberapa software utilities yang anda perlukan adalah:
.

Software untuk keamanan (security)

Digunakan untuk mencegah munculnya peringatan (security warning) ketika anda menjalankan program aplikasi yang dibuat dengan Microsoft Access.

Secara default, MS Access akan menampilkan peringatan ketika anda menjalankan sebuah program aplikasi, karena di dalam aplikasi tersebut mungkin sekali terdapat code program yang bisa merusak komputer (misalnya malware). Jika anda percaya (trust) pada program aplikasi tersebut, maka anda bisa menjalankan software security sebagai berikut (pilih yang sesuai dengan versi Microsoft Access anda).
  1. Untuk Microsoft Access 2007
  2. Untuk Microsoft Access 2010
  3. Untuk Microsoft Access 2013
  4. Untuk Microsoft Access 2016
  5. Untuk Microsoft Access 2019
Download program security di atas lalu simpan pada folder dimana program yang ingin dijalankan berada. Double-click program security untuk menjalankannya (pada folder tersebut), maka program security akan mendaftarkan lokasi program pada Registry komputer sebagai lokasi yang aman (trusted location).

Program security ini tidak mempunyai interface, dan berjalan secara cepat. Setelah selesai mendaftarkan lokasi program, maka akan muncul pesan. Klik tombol OK untuk menutupnya.

Software Microsoft Access Runtime

Program aplikasi yang dibuat dengan Microsoft Access membutuhkan Microsoft Access agar bisa dijalankan. Jika anda tidak memiliki Microsoft Access, anda bisa menginstal versi Runtime-nya yang gratis dan legal.


Klik link berikut ini sesuai dengan versi Microsoft Access yang anda inginkan. Pedomannya adalah:
  • Jika Windows pada komputer anda versi 64 bit, maka anda bisa menginstal Microsoft Access yang versi 32 bit atau 64 bit. Jika Windows anda versi 32 bit, maka anda hanya bisa menginstal Microsoft Access versi 32 bit.
  • Jika pada komputer anda sudah ada Microsoft Office (misalnya Word, Excel, atau Outlook), maka anda hanya bisa menginstal Microsoft Access dengan versi bit yang sama, misalnya 32 bit atau 64 bit.
  • Jika program aplikasi yang ingin anda jalankan mempunyai persyaratan Microsoft Access dengan versi bit tertentu, maka anda harus menginstal versi bit tersebut. Jika tidak, maka program aplikasi tidak bisa dijalankan.
    Jika pada komputer sudah ada Microsoft Office dengan versi bit yang berbeda, maka Microsoft Office tersebut harus direinstal sehingga sesuai dengan versi bit yang disyaratkan program aplikasi.
  • Semakin tinggi versi Microsoft Access, tentunya membutuhkan resource pada komputer anda yang semakin tinggi (misalnya tipe processor dan jumlah RAM), namun tentu performanya akan semakin baik.
Link download berikut ini berada di situs Microsoft, kami hanya menyediakan link untuk membantu anda menuju ke lokasi yang tepat. Namun demikian, peraturan download tetap harus sesuai dengan peraturan Microsoft.
  1. Microsoft Access 2010 Runtime
  2. Microsoft Access 2013 Runtime
  3. Microsoft Access 2016 Runtime
  4. Microsoft Access 2019 Runtime
(Jika link yang kami cantumkan tidak lagi menuju ke tempat yang tepat, mohon informasikan kepada kami melalui alamat pada Contact Us).

Previous Post
Next Post